Fakta pelaksanaan Kurikulum 2013 yang sebenernya itu...
Gabut total. Dengan proses pembelajaran yang menitik beratkan keaktifan siswa siswi di kelas, jam pelajaran jadi banyak yang gabut a.k.a gaji buta alias ga ngerjain apa-apa. Bayangkan guys, kita presentasi di depan, yang lain ga perhatiin, ya ada sih yang perhatiin tapi cuma beberapa anak. Apalagi kalo presentasinya materinya sama, banyak, bikin bingung, sampe bosen, tidur deh di kelas. Bayangkan ada beberapa anak yang presentsi di depan sampai 70 slide selama 3 jam pelajaran (2 jam 15 menit) sampai hampir semua murid di kelas tidur, dan gurunya juga bosen sampai ikut tidur. Itu kenyataan loh. Gabut total kan?
Kebanyakan presentasi malah ga belajar. Tiap hari presentasi materi yang kita belom ngerti apa-apa tapi kita disuruh ngejelasin. Kita belom dapet penjelasan awal dari pengajar, kita ngerti masih dikit-dikit dan ga jelas. Tiap malem sibuk bikin presentasi (bagi yang bikin) jadi ga belajar dengan detil (semuanya, termasuk yang ga bikin paling tidur atau ngapain intinya ga belajar). Itu kalo ga ada PR seabrek, kalo ada udah kerjain presentasi, kerjain PR segunung, susah lagi karena ga ngerti apa-apa.
Jam ekskul wajib pramuka jadi jam main-main di kelas. Semua siswa siswi bahagia kalo jam pramuka gabut total. Bahagia tapi sayang banget, waktu 90 menit itu kebuang sia-sia. Coba aja kalo jam pramuka dijadiin jam guru ngejelasin materi secara detil, bermanfaat. Mungkin ada yang berpikir, kenapa ga coba inisiatif belajar sendiri? Itu sama aja keleusss. Serajin-rajinnya, sepaham-pahamnya, sebisa-bisanya kita belajar sendiri, kita masih butuh tuntunan dari sosok seorang guru. Apalagi matematika, emang bisa lu kerjain soal-soal serumit itu?
Ga pernah belajar secara detil tiba-tiba ulangan dan tralala nilai jeblok semua. Elah, ini yang paling ngeselin. Ini nyalah-nyalahin. Pertama, siswa siswi yang disalahin semua pihak. Padahal siswa siswi itu udah stres berat gara-gara cara belajar K13 yang apa-apanya gabut. Jam pulang yang kelamaan dan kesorean. PR yang kebanyakan tapi ga dijelaskan secara detil sebelumnya. Kedua, guru yang disalahin orang tua siswa siswi karena apa-apanya gabut, tapi berdalih dengan alasan "ini kan kurikulum 2013 pak, bu". Elah.
Ini bikin siswa siswi tambah pinter atau sebaliknya? Dengan semua kegabutan dan ketidakjelasan yang sudah disebutkan sebelumnya, pertanyaan ini muncul dari semua siswa siswi bahkan orang tua murid yang berpikiran sama seperti saya. Ha.
Jadi, peran guru apa? Nah! Buat apa ada guru kalau kita harus belajar sendiri? Nungguin kita berpusing-pusing ria doang? Nahlho! Muridnya aja ya yang digaji kalo gitu dong.
Ga ada waktu bareng keluarga. Jam setengah tujuh pagi masuk jam tiga sore pulang. Jam enam pagi berangkat jam empat sore sampe rumah. Belom kalo ada ekskul, jam lima sore selese jam enam sore sampe rumah. Belom kalo ada les. Malemnya kerjain PR seabrek. Qtime sama keluarganya kapan? Untungnya di Jakarta Sabtu-Minggu libur. Daerah lain apa kabarnya? Enggak, daerah lain hari Sabtu masih masuk sekolah. Bayangin aja ya gimana capek dan sibuknya.
Ga ada waktu refreshing bareng temen. Kita di sekolah bareng temen kan yakan betul kan? Kita satu nasib dan satu perasaan ngejalanin sekolah dengan K13. Sebahagia-bahagianya anak sekolah pasti ada stres menyelinap di dalam jiwanya. Kita manusia, butuh refreshing juga dong. Hari Sabtu/Minggu? Elah, karena ketidakjelasan K13 Sabtu dan Minggu dijadikan waktu buat les atau kumpul sama keluarga atau bobo cantik dan bobo cakep karena kecapean. Pengalaman gue nih ya, pas SMP gue doyan banget nongkrong di sekolah bareng temen-temen gue cuma buat ngerefresh otak dan hasilnya ga sia-sia, gue lulus dengan nem terbaik ke empat se SMP. Sekarang? Lulus KKM aja udah suatu berkah. Apalagi dapet delapan, sembilan, wah tumpengan.
Denger-denger nih, Menteri Pendidikan yang baru akan menghentikan KURTILAS a.k.a Kurikulum Tidak Jelas alias Kurikulum Dua Ribu Tiga Belas. Wah bahagia banget gue dengernya, karena kurtilas sama sekali tidak efektif. Kurikulum setengah matang, kaya telor aja dong setengah matang wakwaw wkwkwk. Semoga pemberhentiannya di seluruh sekolah di Indonesia ya. Percaya deh, Indonesia kapan majunya kalo pake kurtilas.
Gabut total. Dengan proses pembelajaran yang menitik beratkan keaktifan siswa siswi di kelas, jam pelajaran jadi banyak yang gabut a.k.a gaji buta alias ga ngerjain apa-apa. Bayangkan guys, kita presentasi di depan, yang lain ga perhatiin, ya ada sih yang perhatiin tapi cuma beberapa anak. Apalagi kalo presentasinya materinya sama, banyak, bikin bingung, sampe bosen, tidur deh di kelas. Bayangkan ada beberapa anak yang presentsi di depan sampai 70 slide selama 3 jam pelajaran (2 jam 15 menit) sampai hampir semua murid di kelas tidur, dan gurunya juga bosen sampai ikut tidur. Itu kenyataan loh. Gabut total kan?
Kebanyakan presentasi malah ga belajar. Tiap hari presentasi materi yang kita belom ngerti apa-apa tapi kita disuruh ngejelasin. Kita belom dapet penjelasan awal dari pengajar, kita ngerti masih dikit-dikit dan ga jelas. Tiap malem sibuk bikin presentasi (bagi yang bikin) jadi ga belajar dengan detil (semuanya, termasuk yang ga bikin paling tidur atau ngapain intinya ga belajar). Itu kalo ga ada PR seabrek, kalo ada udah kerjain presentasi, kerjain PR segunung, susah lagi karena ga ngerti apa-apa.
Jam ekskul wajib pramuka jadi jam main-main di kelas. Semua siswa siswi bahagia kalo jam pramuka gabut total. Bahagia tapi sayang banget, waktu 90 menit itu kebuang sia-sia. Coba aja kalo jam pramuka dijadiin jam guru ngejelasin materi secara detil, bermanfaat. Mungkin ada yang berpikir, kenapa ga coba inisiatif belajar sendiri? Itu sama aja keleusss. Serajin-rajinnya, sepaham-pahamnya, sebisa-bisanya kita belajar sendiri, kita masih butuh tuntunan dari sosok seorang guru. Apalagi matematika, emang bisa lu kerjain soal-soal serumit itu?
Ga pernah belajar secara detil tiba-tiba ulangan dan tralala nilai jeblok semua. Elah, ini yang paling ngeselin. Ini nyalah-nyalahin. Pertama, siswa siswi yang disalahin semua pihak. Padahal siswa siswi itu udah stres berat gara-gara cara belajar K13 yang apa-apanya gabut. Jam pulang yang kelamaan dan kesorean. PR yang kebanyakan tapi ga dijelaskan secara detil sebelumnya. Kedua, guru yang disalahin orang tua siswa siswi karena apa-apanya gabut, tapi berdalih dengan alasan "ini kan kurikulum 2013 pak, bu". Elah.
Ini bikin siswa siswi tambah pinter atau sebaliknya? Dengan semua kegabutan dan ketidakjelasan yang sudah disebutkan sebelumnya, pertanyaan ini muncul dari semua siswa siswi bahkan orang tua murid yang berpikiran sama seperti saya. Ha.
Jadi, peran guru apa? Nah! Buat apa ada guru kalau kita harus belajar sendiri? Nungguin kita berpusing-pusing ria doang? Nahlho! Muridnya aja ya yang digaji kalo gitu dong.
Ga ada waktu bareng keluarga. Jam setengah tujuh pagi masuk jam tiga sore pulang. Jam enam pagi berangkat jam empat sore sampe rumah. Belom kalo ada ekskul, jam lima sore selese jam enam sore sampe rumah. Belom kalo ada les. Malemnya kerjain PR seabrek. Qtime sama keluarganya kapan? Untungnya di Jakarta Sabtu-Minggu libur. Daerah lain apa kabarnya? Enggak, daerah lain hari Sabtu masih masuk sekolah. Bayangin aja ya gimana capek dan sibuknya.
Ga ada waktu refreshing bareng temen. Kita di sekolah bareng temen kan yakan betul kan? Kita satu nasib dan satu perasaan ngejalanin sekolah dengan K13. Sebahagia-bahagianya anak sekolah pasti ada stres menyelinap di dalam jiwanya. Kita manusia, butuh refreshing juga dong. Hari Sabtu/Minggu? Elah, karena ketidakjelasan K13 Sabtu dan Minggu dijadikan waktu buat les atau kumpul sama keluarga atau bobo cantik dan bobo cakep karena kecapean. Pengalaman gue nih ya, pas SMP gue doyan banget nongkrong di sekolah bareng temen-temen gue cuma buat ngerefresh otak dan hasilnya ga sia-sia, gue lulus dengan nem terbaik ke empat se SMP. Sekarang? Lulus KKM aja udah suatu berkah. Apalagi dapet delapan, sembilan, wah tumpengan.
Denger-denger nih, Menteri Pendidikan yang baru akan menghentikan KURTILAS a.k.a Kurikulum Tidak Jelas alias Kurikulum Dua Ribu Tiga Belas. Wah bahagia banget gue dengernya, karena kurtilas sama sekali tidak efektif. Kurikulum setengah matang, kaya telor aja dong setengah matang wakwaw wkwkwk. Semoga pemberhentiannya di seluruh sekolah di Indonesia ya. Percaya deh, Indonesia kapan majunya kalo pake kurtilas.
0 komentar:
Posting Komentar